Desain Interior Kamar Tidur

Bagaimana desain kamar tidur anak yang baik?

Apakah anda tipe orang tua yang membiasakan anak untuk hidup mandiri? Ada banyak hal yang dapat anda lakukan untuk melatih buah hati anda supaya terbiasa hidup mandiri dan tidak selalu tergantung dengan orang lain. Salah satunya adalah dengan menyiapkan kamar tidur bagi buah hati tercinta anda. Sebagian orang tua masih belum membiarkan atau mengijinkan anak-anak mereka untuk tidur di ruangan terpisah. Untuk itu banyak orang, khususnya para orang tua yang disarankan untuk mulai menyiapkan kamar tidur tersendiri untuk anak-anak mereka semenjak dini. Inilah hal yang harus anda lakukan sekarang. Jika anda menginginkan anak anda untuk lebih bertanggung jawab, anda harus mulai memikirkan untuk memberikan kamar tersendiri bagi mereka. Namun, beberapa orang tua menemui beberapa kendala saat akan mendesain kamar untuk anak-anak mereka. Ini yang harus anda pikirkan secara matang. Seperti yang sudah anda ketahui, anak-anak sangat berbeda dengan mereka yang sudah beranjak remaja atau bahkan orang-orang dewasa seperti anda. Otak mereka harus dirangsang oleh hal-hal yang bisa memberikan dampak positif. Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang harus anda pikirkan saat akan mendekor ataupun mendesain kamar tidur anak.
Hal pertama yang harus anda lakukan dalam memulai desain interior kamar tidur anak adalah lokasi yang tepat. Lalu bagaimana menentukan lokasi yang tepat? Hal yang paling penting adalah factor keamanan. Pastikan kamar tidur anak jauh dari pintu utama, sehingga hal ini akan mempermudah anda untuk melakukan pengawasan. Bayangkan jika kamar tidur anak terletak di dekat pintu utama. Hal-hal yang tidak anda inginkan mungkin akan mengancam keselamatan buah hati anda. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, anak-anak harus dirangsang oleh hal-hal yang dapat membantu mereka untuk meningkatkan kreatifitas dan kerja otak. Untuk itu pemilihan warna dan perabotan dalam desain interior kamar tidur untuk anak sangat berperan penting dalam merangsang kreatifitas mereka. Warna-warna yang cocok untuk mereka adalah warna-warna yang tergolong ceria, seperti warna merah muda atau mungkin warna biru muda untuk anak laki-laki. Memberikan warna-warna yang cerah seperti pink, kuning, ataupun biru muda dipercaya akan mampu memberikan aura positif bagi perkembangan anak-anak. Begitu juga dengan perabotan yang harus anda perhatikan dengan seksama. Usahakan agar ruangan anak tidak terlalu penuh dengan perabotan. Letakkan saja furnitur atau perabotan yang dirasa perlu, seperti tempat tidur, sarana belajar, dan lemari baju yang ukurannya juga tidak terlalu besar. Selain itu pilihlah perabotan yang kuat dan kokoh. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan rasa aman bagi anak anda. Dan untuk masalah keamanan, anda juga perlu menambahkan perangkat tambahan di jendela kamar atau yang disebut dengan teralis. Ada beberapa orang tua yang memasang perangkat AC. Sebenarnya hal ini tidaklah terlalu penting sebab anak-anak memerlukan udara yang alami. Jadi sebaiknya pastikan sirkulasi udara yang baik di kamar tidur anak anda. Sebagian orang bertanya apakah perlu untuk memberikan kamar mandi khusus di dalam kamar anda? Dalam desain interior kamar tidur anak, penambahan kamar mandi memang dirasa sangat penting karena hal ini akan melatih kemandirian anak anda. Jadi tidak ada salahnya jika menambah kamar mandi.
Jadi, mulai dari sekarang anda tidak akan menemui beberapa kendala saat akan mendesain kamar tidur anak. Anda bisa mengikuti sarang-saran yang telah disebutkan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>